Kamis, 30 November 2017

Lirik Lagu Apuse dan Terjemahan serta Maknanya

Lirik Apuse dan Artinya


Apuse kokon dao = Kakek-nenek aku ingin Yarabe soren doreri = Pergi ke seberang, Teluk Doreri Wuf lenso bani nema baki pase = Memegang sapu tangan dan melambaikan tangan Apuse kokon dao = Kakek-nenek aku mau Yarabe soren doreri = Pergi ke seberang, Teluk Doreri Wuf lenso bani nema baki pase = Memegang sapu tangan dan melambaikan tangan Arafabye aswarakwar = (Sedihnya aku), selamat jalan cucuku Arafabye aswarakwar = Kasihannya aku (Sedihnya aku), selamat jalan cucuku

Arti Lagu Apuse Per Kata

Lagu Apuse sangat sering dinyanyikan oleh anak anak Sekolah dasar di Indonesia karena ia merupakan lagu daerah dari ujung timur indonesia, Yaitu Papua.

Lirik Lagu Apuse dan Terjemahan
Teluk Doreri

 

Teluk doreri adalah sebuah pulau indah yang terletak di Kabupaten monokwari di Provinsi Papua Barat. Teluk ini menjadi tempat favorit di papua bagi wisatawan asing yang ingin menyelami keindahan surga bawah laut.

Aswarakwar itu seperti kata sayonara pada bahasa jepang, goodbye atau selamat jalan dalam bahasa indonesia. Singkatnya kata 'aswarakwar adalah kata yang biasa diucapkan sebelum berpisah.

Makna Lagu Apuse

Apuse berarti Kakek ataupun nenek. Lagu apuse ini bercerita tentang seseorang cucu yang berpamitan kepada Kakek dan neneknya, karena hendak pergi ke seberang teluk doreri untuk merantau.

Terlihat jelas dari lagu diatas bahwa nenek dan kakek tersebut sangat sayang kepada cucunya, lantaran ia Meratap 'Arafabye' atau Sedihnya daku (Kasihannya aku). Hal ini mungkin dikarenakan sang cucu pun sangat sayang kepada nenek dan kakeknya tersebut.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Haruslah Sopan

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda